Friday, June 7, 2013

SEKILAS TENTANG STRATEGI DALAM BERBISNIS

Strategi salah satu unsur paling penting dalam suatu usaha/bisnis merupakan salah satu unsur yang sering diabaikan orang/perusahaan. Biasanya orang abai, yang penting usaha terus sampai mampus itulah yang dianggap strategi. Atau justru seringkali hadirnya target target ambisius karena sedang masa pertumbuhan, itu sudah dianggap strategi. Tidak banyak yang benar benar meluangkan waktu untuk memikirkan strategi yang diperlukan usaha/bisnis yang ada. Bahkan tidak banyak yang paham benar apa itu strategi.


Padahal dengan kompetisi yang semakin ketat, hadirnya strategi itu menjadi syarat mutlak atau  sebagai dasar untuk survive dan tumbuh dengan baik. Tidak peduli anda tukang bakso, PNS (untuk mencapai kinerja terbaik), atau pelajar SMU yang ingin lolos SNMPTN, dan sebagainya apalagi pelaku bisnis, butuh strategi yangg baik untuk mencapainya.

Sebetulnya apa itu strategi yang baik? 
Trout, salah satu pakar strategi, mengatakan bahwa kunci sukses sebuah bisnis bukanlah CEO yang hebat, atau SDM berlimpah, atau modal finansial yang kuat, melainkan STRATEGI yang TEPAT. Maka semakin penting kita sebagai pelaku UKM ataupun entrepreneur untuk belajar tentang strategi.

Pada intinya, strategi adalah (versi Porter), adalah upaya mendapatkan posisi bersaing yang unggul. Ibarat perang jaman kerajaan, mendapatkan posisi yang lebih tinggi adalah strategi. Dengan posisi yang lebih tinggi, memberikan keunggulan dalam melontarkan peluru atau anak panah.




























No comments:

Post a Comment