Friday, April 6, 2012

ISTANA CHEVAL



            Ferdinand cheval (1836, charmes-sur-l'herbasse, drôme - 19 agustus 1924) adalah seorang tukang pos perancis yang menghabiskan 33 tahun hidupnya membangun le palais ideal ("istana ideal") di hauterives. Hal ini dianggap sebagai contoh seni arsitektur yang luar biasa dan menakjubkan.
Ferdinand cheval tinggal di châteauneuf-de-galaure, di département drôme perancis. Dia telah meninggalkan sekolah pada usia 13 menjadi magang tukang roti, dan akhirnya menjadi tukang pos.
Cheval mulai membangun istana ini pada bulan april 1879. Dia menyatakan bahwa dia pernah tersandung batu dan terinspirasi oleh bentuk batu itu. Dia kembali ke tempat yang sama pada hari berikutnya dan mulai mengumpulkan batu.
            Selama 33 tahun berikutnya, selama rute pengiriman surat sehari-hari, cheval membawa batu dari setiap pengiriman dan digunakan untuk membangun ideal palais, istana ideal. Pertama ia membawa batu-batu di saku, sampai akhirnya dia menggunakan keranjang dan gerobak. Dia sering bekerja di malam hari, dengan hanya menggunakan cahaya lampu minyak.Cheval menghabiskan dua dekade pertama dinding luar bangunan. Istana ini merupakan gabungan dari gaya yang berbeda dengan inspirasi dari alkitab untuk mitologi hindu. Cheval terbentuk dari batu kapur, mortar dan semen.

PEMAKAMAN

            Cheval juga ingin dimakamkan di istananya, namun itu tidak diijinkan oleh pemerintah france dan akhirnya menghabiskan delapan tahun lebih membangun makam untuk dirinya sendiri di pemakaman hauterives. Cheval meninggal pada tanggal 19 agustus 1924, sekitar setahun setelah ia selesai membangun itu, dan dimakamkan di sana.

PENGAKUAN

            Sebelum kematiannya, cheval mulai menerima beberapa pengakuan dari tokoh-tokoh seperti andré breton dan pablo picasso. Karyanya diperingati dalam sebuah esai oleh anaïs nin. Pada tahun 1932 seniman jerman max ernst membuat kolase berjudul the postman cheval. Serta peggy guggenheim collection pada tahun 1958 membuat ado kyrou ideal le palais, sebuah film pendek di istana palais ideal.
Pada tahun 1969 andré malraux, menteri kebudayaan france, menyatakan istana ini sebagai tengara budaya dan telah secara resmi dilindungi. Istana cheval adalah buka setiap hari kecuali hari natal dan tahun baru.
Cheval mungkin telah menginspirasi untuk karakter denny pada novel chuck palahniuk's chokepada tahun 2001 , yang mengumpulkan koleksi batu yang akhirnya digunakan, dalam cara yang sama, untuk membangun 'rumah mimpi'.



No comments:

Post a Comment